Hasil Studi Mentruasi Menyehatkan Organ Ginjal






Mentruasi yang menjadi rutinitas bulanan ini ternyata ada manfaatnya dari hasil penelitian Manfaat Menstruasi Menyehatkan Organ Ginjal

Hasil Studi Mentruasi Menyehatkan Organ Ginjal
Ilustrasi wanita menstruasi


Berikut seperti yang dikutip dari tabloidnova.com, simak berikut ulasannya

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr.Judith Lechner dari Austria, Dalam risetnya, Lechner dan timnya menguji apakah perubahan hormonal saat siklus menstruasi berpengaruh pada sel-sel ginjal. Sekitar 11 perempuan yang masih subur dan 6 perempuan pascamenopause dilibatkan dalam penelitian ini.

Setiap orang diminta mengirimkan contoh urin untuk diukur kadar enzimnya yang dikeluarkan saat sel ginjal rusak. Ternyata, kadar enzim ini meningkat saat seorang perempuan sedang masa subur dan menstruasi. Sebaliknya, kadarnya rendah pada perempuan pascamenopause dan pria.

"Hasil studi ini menunjukkan perubahan pada hormon perempuan berpengaruh pada sel ginjal, sehingga perempuan lebih terlindungi dari kerusakan ginjal," kata Lechner.

Selain itu, perubahan kadar hormon selama siklus haid juga menyebabkan perubahan bentuk, tidak hanya pada organ reproduksi tapi juga meluas pada ginjal.


Menurut Lechner, estrogen berfungsi untuk menggantikan sel yang rusak. Selama masa haid, saat estrogen sedang tinggi, sel ginjal distimulasi untuk berkembang.

Ia mengatakan, estrogen memang bukan faktor tunggal mengapa lebih sedikit perempuan yang mengalami gangguan ginjal. Faktornya lebih kompleks, karena itu dibutuhkan studi yang lebih mendalam lagi.

Lusia Kus Anna/KompasHealth
Sumber: MedicalDaily

Simak juga : Kaki dan Tangan Kesemutan cara mengatasinya


Tas Wanita Branded 
Tersedia Merk : Charles And Keith, Mango, Zara, Guess, Cath kidston

Kunjungi Situs : www.agfabag-store.com
Instagram : Follow @agfa.shop2

Contact :
PIN BB : 75302660
SMS    : 085642 999 757
Line   : agfa.shop



Postingan terkait: